Latar Belakang dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Latar Belakang Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) lahir pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Pembangunan Berkelanjutan di Rio de Janeiro pada tahun 2012. Tujuannya adalah untuk menghasilkan seperangkat tujuan universal yang memenuhi tantangan lingkungan, politik dan ekonomi yang akan dihadapi dunia ini. SDGs menggantikan Millennium Development Goals (MDGs), yang memulai upaya global pada tahun 2000 untuk mengatasi permasalahan kemiskinan. MDGs menetapkan sasaran yang dapat diukur dan disetujui secara universal untuk menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencegah penyakit mematikan, dan memperluas pendidikan dasar untuk semua anak, dan di antara prioritas pembangunan lainnya [1].

MDGs to SDGs

Selama 15 tahun, MDGs mendorong kemajuan di beberapa bidang, diantaranya mengurangi kemiskinan pendapatan, menyediakan akses yang sangat dibutuhkan untuk air dan sanitasi, menurunkan tingkat kematian anak dan secara drastis meningkatkan kesehatan ibu. MDGs juga memulai gerakan global untuk pendidikan dasar gratis, menginspirasi negara-negara untuk berinvestasi dalam generasi masa depan, dan yang paling signifikan, MDGs membuat langkah besar dalam memerangi HIV / AIDS dan penyakit lain yang dapat diobati dan disembuhkan, seperti malaria dan tuberkulosis [1].

Warisan dan pencapaian MDGs memberikan pelajaran dan pengalaman berharga untuk mulai bekerja pada tujuan-tujuan baru. Tetapi bagi jutaan orang di seluruh dunia, pekerjaan itu masih belum selesai. Kita harus menempuh beberapa langkah terakhir untuk mengatasi kelaparan, mencapai kesetaraan jender, meningkatkan layanan kesehatan dan membuat setiap anak bersekolah. SDGs merupakan solusi sekaligus panggilan mendesak untuk menggeser dunia ke jalur pembangunan yang lebih berkelanjutan [1].

SDGs adalah langkah komitmen untuk menyelesaikan apa yang telah di mulai, dalam mengatasi beberapa tantangan yang lebih mendesak yang dihadapi dunia saat ini. Semua 17 tujuan interkoneksi, yang berarti kesuksesan dalam satu mempengaruhi keberhasilan bagi yang lain. Berurusan dengan ancaman perubahan iklim berdampak pada bagaimana kita mengelola sumber daya alam kita yang rapuh, mencapai kesetaraan gender atau kesehatan yang lebih baik membantu memberantas kemiskinan, dan mendorong perdamaian dan masyarakat yang inklusif akan mengurangi ketidaksetaraan dan membantu ekonomi menjadi makmur. Singkatnya, ini adalah kesempatan terbesar yang kita miliki untuk meningkatkan kehidupan bagi generasi mendatang [1].

SDGs ditetapkan bertepatan dengan perjanjian bersejarah lain yang dicapai pada tahun 2015 dalam COP21 (Paris Climate Conference). Bersama dengan Sendai Framework untuk Pengurangan Resiko Bencana, yang ditandatangani di Jepang pada Maret 2015, perjanjian ini menyediakan seperangkat standar umum dan target yang dapat dicapai untuk mengurangi emisi karbon, mengelola risiko perubahan iklim dan bencana alam, dan pembanguna  yang lebih baik setelah terjadinya krisis [1].

SDGs merupakan hal yang unik, karena mencakup permasalah yang memengaruhi kita semua. SDGs menegaskan kembali komitmen internasional untuk mengakhiri kemiskinan, secara permanen, di seluruh dunia, dan memastikan tidak ada yang tertinggal dalam keterlibatan kita semua untuk membangun kehidupan yang lebih berkelanjutan, lebih aman, lebih makmur bagi seluruh umat manusia [1].

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), atau dikenal sebagai Tujuan Global, adalah tujuan yang dapat diaplikasikan secara universal untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet, dan memastikan bahwa semua orang menikmati kedamaian dan kemakmuran. 17 tujuan ini dibangun di atas keberhasilan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), termasuk bidang-bidang baru seperti perubahan iklim, ketimpangan ekonomi, inovasi, konsumsi berkelanjutan, perdamaian dan keadilan, dan prioritas lainnya. Tujuan yang satu dengan tujuan yang lainnya saling berhubungan, karena kunci keberhasilan pada satu tujuan akan melibatkan penanganan masalah yang lebih umum dikaitkan dengan tujuan yang lainnya. Singkatnya, SDGs merupakan kesempatan terbesar yang kita miliki untuk meningkatkan kehidupan bagi generasi mendatang [2].

SDGs

Tujuan pembangunan berkelanjutan memiliki 17 point utama yang di usung dalam SDGs. Adapun 17 tujuan tersebut adalah sebabagai berikut [3].

  1. Goal 1: No Poverty
  2. Goal 2: Zero Hunger
  3. Goal 3: Good Health and Well-being
  4. Goal 4: Quality Education
  5. Goal 5: Gender Equality
  6. Goal 6: Clean Water and Sanitation
  7. Goal 7: Affordable and Clean Energy
  8. Goal 8: Decent Work and Economic Growth
  9. Goal 9: Industry, Innovation and Infrastructure
  10. Goal 10: Reduced Inequality
  11. Goal 11: Sustainable Cities and Communities
  12. Goal 12: Responsible Consumption and Production
  13. Goal 13: Climate Action
  14. Goal 14: Life Below Water
  15. Goal 15: Life on Land
  16. Goal 16: Peace and Justice Strong Institutions
  17. Goal 17: Partnerships to achieve the Goal

SDGs memiliki 17 Tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 169 target, oleh sebab itu SDGs mempunyai cakupan yang lebih luas dan akan mampu lebih tanggap atas penyebab utama kemiskinan serta kebutuhan universal. Tujuan SDGs mencakup tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu pertumbuhan ekonomi, inklusi sosial dan perlindungan terhadap lingkungan. Tujuan serta target SDGs akan dimonitor dan ditinjau setiap saat dengan menggunakan indikator-indikator global. Dan kerangka kerja indikator global tersebut juga terus dikembangkan oleh Kelompok Lintas Badan dan Ahli. Selain itu pemerintah juga akan turut serta mengembangkan indikator-indikator nasional guna membantu memantau kemajuan dalam mencapai tujuan dan target SDGs [4].

Referensi:

[1] http://www.undp.org/content/undp/en/home/sustainable-development-goals/background/

[2] http://www.undp.org/content/undp/en/home/sustainable-development-goals.html

[3] https://www.un.org/development/desa/disabilities/envision2030.html

[4] http://www.markijar.com/2017/12/pengertian-dan-17-tujuan-sdgs.html

#KataPengetahuan #SumbernyaIlmuPengetahuan #TujuanPembangunanMillenial #TujuanPembangunanBerkelanjutan #MDGs #SDGs #PembangunanMillenial #PembangunanBerkelanjutan #MillenniumDevelopmentGoals #SustainableDevelopmentGoals

Tinggalkan komentar